OKU Wakili Sumatera Pameran Arkeologi di Jerman

oleh -50 views

BATURAJA – Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), tempat ditemukannya perkampungan manusia purba yang hidup ribuan tahun silam, dipercaya mewakili pulau Sumatera untuk mengikuti pameran Arkologi di Jerman.

Kasubag Dokumentasi dan Peliputan Setda OKU, Dede Fernandes menyampaikan, Bupati mendapat penunjukan langsung dari Mendagri dan Gubernur Sumsel, untuk mewakil pulau Sumatera guna mengikuti kegiatan semacam expo, berkaitan dengan arkeologi di tanah Bavaria (Jerman) tersebut.

“Rencananya kalau tidak salah bulan Maret mendatang. Dalam rangka pameran arkeolog internasional. Bupati berangkat dengan rombongan Dinas Pariwisata. Bukan hanya mewakili Sumsel, melainkan pulau Sumatera, ujar Dede kepada jurnalis, Rabu (17/01).

Terpisah, Kasi Promosi Dinas Pariwisata, Hj Susiyanti ST menyampaikan, pihaknya sedang mempersiapkan rencana keberangkatan ke Jerman. Menurutnya, baik kepala daerah ataupun ASN yang ingin keluar negeri dalam rangka kedinasan harus izin Mendagri.

“Memang ada surat undangannya dari Kementerian Pariwisata. Perkiraan Maret. Sekarang masih pemantapan. Karena proses ke sana (Jerman) rumit. Seperti masalah perizinan dan lain sebagainya,” terangnya.

Menurut Susi, di sana Kabupaten OKU, akan mengikuti pameran yang bukan hanya menampilkan bidang arkeologi saja. Ada juga nanti yang mungkin mengangkat tema teknologi.

“Kalau kita sendiri akan mengangkat situs Gua Harimau. Karena itu sudah diteliti oleh peneliti. Sekaligus juga promosikan Sumsel, yang jadi tuan rumah Asian Games. Tapi itu tadi, masih pemantapan, karena proses ke sana rumit,” tandasnya.

Sebelumnya, Bupati OKU, Drs H Kuryana Azis menyampaikan terkait undangan dinas luar negeri untuk pertama kalinya sejak menjabat kepala daerah, pada pisah sambut Sekda OKU dari H Marwan Sobrie (purna bhakti) ke H Achmad Tarmizi, Selasa (16/01).

“Saya mau ke Jerman. Tapi bukan jalan-jalan. Ada undangan dari Mendagri. Tolong edarkan undangannya itu, biar pers tahu,” ucapnya. (gus)