Rabu , 23 Oktober 2019
Awal / Dunia / Gua Harimau Mendunia, Disparbud Harus Peka

Gua Harimau Mendunia, Disparbud Harus Peka

Spread the love

Buitenzorg – Objek wisata situs purbakala Gua Harimau yang berlokasi di Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) kini sudah mendunia.

Bahkan baru-baru ini, Bupati OKU bersama rombongan pernah memaparkan Gua Harimau itu pada kegiatan Internationale tourismus borse (ITB) di Berlin, Jerman beberapa waktu lalu.

“Hasil dari Jerman itu, implikasinya berarti OKU ini sudah diakui secara internasional dari segi potensi kepurbakalaan,” ujar anggota DPRD OKU, Rusman Junaidhi.

Oleh karenanya, menurut Rusman, Pemkab atau Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) setempat harus peka melihat potensi tersebut.

Salah satu langkah awal yang mesti dilakukan kata Rusman, Disparbud harus memasukkan potensi Gua Harimau ini menjadi cagar budaya nasional atau jadi aset nasional.

“Dengan begitu berarti potensi itu secara nasional masuk dalam agenda nasional, bukan lagi skup daerah. Sehingga biaya perawatan termasuk pengembangan pembangunan bisa dapat kucuran dari pusat. Inilah yang harus dikejar,” ujar politisi Partai Golkar itu.

Kemudian setelah jadi cagar budaya nasional, lanjut dia, kedepannya OKU tinggal menampung perkembangan.

Itu tadi, sampai saat ini ditegaskan Rusman, potensi Gua Harimau itu belum terdaftar sebagai cagar budaya nasional.

Inilah yang menurut dia sungguh disayangkan. Padahal dari sisi umur, kuburan massal manusia purbakala di Gua Harimau itu lebih tua dibandingkan situs manusia purba di Sragen, Jawa Tengah.

“Disana sudah jadi cagar nasional. Nah seharusnya kita sudah beorientasi kesana. Rumah Basemah di Lahat saja sudah jadi cagar budaya. Buat apa jalan-jalan ke Jerman menghabiskan banyak anggaran kalau tidak ada tindak lanjut,” demikian Rusman.[rik]

Tentang zoel snage

Baca Juga

GUA HARIMAU DI PADANG BINDU OKU (2)

Spread the loveDitemukan Kuburan Anak Raja Kuno Tim Penelitian Arkeologi Nasional Puslit Arkenas Departemen Kebudayaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *