Minggu , 8 Desember 2019
Awal / Gaya Hidup / Pendidikan / Sinergitas Pendidikan Al-Fath yang Berorientasi Dunia-Akhirat, Dan Hasil Riset Prof. Agus Budiono yang Mematahkan Mitos NEM, IPK dan Rangking

Sinergitas Pendidikan Al-Fath yang Berorientasi Dunia-Akhirat, Dan Hasil Riset Prof. Agus Budiono yang Mematahkan Mitos NEM, IPK dan Rangking

Spread the love

PENDIDIKAN – Prof. Agus Budiono, Seorang Alumni ITB & MIT Massachusetts Institute of Technology, Amerika menuliskan Hasil Risetnya bahwa ada 3 hal yang ternyata tidak terlalu berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang, diantaranya: NEM, IPK dan Rangking Disinergikan dengan Pendidikan Al-Fath yang Berorientasi Dunia Akhirat Hasil Rancangan Program Maha Karya KH. Prof. DR. Muhamad Fajar Laksana, SE., CQM., MM., PH.D sebagai Pimpinan Pesantren Dzikir Al-Fath Sukabumi.

Saya (Prof. Agus Budiono ) mengarungi Pendidikan selama 22 tahun (1 tahun TK, 6 tahun SD, 6 tahun SMP-SMA, 4 tahun S1, 5 tahun S2 & S3). Kemudian saya mengajar selama 15 tahun di Universitas 3 Negara Maju (Amerika Serikat, Korea Selatan, Australia) dan juga di Tanah Air Indonesia. Saya menjadi saksi betapa tidak relevannya ketiga konsep di atas terhadap kesuksesan seseorang.

Ternyata sinyalemen saya ini didukung oleh riset yang dilakukan oleh Thomas J. Stanley yang memetakan 100 faktor yang berpengaruh terhadap tingkat kesuksesan seseorang berdasarkan survey terhadap 733 millioner di US. Hasil penelitiannya ternyata nilai yang baik (yakni NEM, IPK dan  Rangking) hanyalah faktor sukses urutan ke 30. Sementara faktor IQ pada urutan ke-21 dan bersekolah di Universitas/Sekolah Favorit di urutan ke-23.

Jadi, saya ingin mengatakan secara sederhana bahwa jika anak anda nilai raport nya rendah itu tidak masalah.

NEM anak anda tidak begitu besar ???

Paling banter akibatnya tidak bisa masuk sekolah favorit, yang menurut hasil riset, tidak terlalu pengaruh terhadap kesuksesan.

Lalu apa faktor yang menentukan kesuksesan seseorang itu ???

Menurut Riset Stanley berikut ini adalah sepuluh faktor teratas yang akan mempengaruhi kesuksesan disinergikan dengan Pendidikan Al-Fath yang Berorientasi Dunia Akhirat :

  1. Kejujuran (Being Honest with all People)

Pendidikan di Ponpes Dzikir Al-Fath mencetak Ahlakul Karimah, ternyata ini faktor sukses. dengan 3 unsur :

a.Life with Allah

b.Life with Qur’an

c.Seven Habit Islamic Caracter Building, dengan formula 4S2T1D (Shalat, Shaum, Shodaqoh, Sholawat, Tadabbur, Tafakkur, dan Dzikir).

2. Disiplin Keras (Being well-Disciplined)

Pendidikan Al-Fath dengan Program Learning by Doing, KSB2 (Kuliah Santri Sambil Bekerja Berkelanjutan) dan SSB (Siswa Sambil Bekerja).

3. Mudah Bergaul atau Friendly (Getting along with People) Pendidikan Al-Fath dengan Program KSB2 (Kuliah Santri Sambil Bekerja Berkelanjutan) dan SSB (Siswa Sambil Bekerja).

4. Dukungan Pendamping (Having a Supportive Spouse) Pendidikan Al-Fath dengan Program MENTORING

5. Kerja Keras (Working Harder Than Most People).

Pendidikan Al-Fath dengan Program KSB2 (Kuliah Santri Sambil Bekerja Berkelanjutan) dan SSB (Siswa Sambil Bekerja).

6. Kecintaan Pada yang Dikerjakan (Loving My Career/Business)

Pendidikan Al-Fath dengan metode ; Dipaksa, Kapaksa, Maksakeun, Bisa, Biasa, Luar Biasa menjadi Cinta dan Bahagia.

7. Kepemimpinan (Having Strong Leadership Qualities).

Pendidikan Al-Fath dengan Program MENTORING

8. Kepribadian Kompetitif atau Mampu Berkompetisi (Having a Very Competitive Spirit/Personality).

Pendidikan Al-Fath ada 5 Skill yang diberikan kepada siswa; Spiritual Skill, Conceptual Skill, Human Skill, Teknis Skill, Life Skill dan ada 5 Akronim NG; Ngaji, Ngejo, Ngajaga, Ngajega, Ngajago.

9. Hidup Teratur (Being very well-organized)

Pendidikan Al-Fath  dengan Program Boarding School yang membuat siswa hidup teratur mengikuti jadwal yg ketat.

10. Kemampuan Menjual Ide atau Kreatif dan Inovatif (Having an Ability to Sell My Ideas/Products).

Pendidikan Al-Fath dilaksanakan dengan Program Kegiatan-Kegiatan Sekolah dan Fokus di Kegiatan Penampilan Seni Budaya Silat.

Hampir kesemua faktor ini tidak terjangkau dengan NEM, IPK dan Ranking. Dalam Kurikulum, semua yg ditulis diatas itu dikategorikan sebagai Soft Skills. Maka, UNBK di Al-Fath hanya menggunakan Training Center (TC) selama 3 bulan karena hanya untuk kepentingan Administrasi bukan bagian dari unsur kesuksesan.

Maka dari itu, Saya (KH. Prof. DR. Muhamad Fajar Laksana) menyatakan bahwa unsur kesuksesan melalui Pendidikan Al-Fath dengan 7 Keunggulan; 1). Ahlakul Karimah 2).Tahfidz Quran 3).Bahasa Inggris 4).Bahasa Arab 5).Silat (Kemandirian, Kepercayaan Diri, Keberanian) 6).Leadership and Entrepreneusrship 7).Moving Class Mastery Learning untuk Sukses UN.

Adapaun di sekolah yang lain, unsur kesuksesan peserta didik dapat memperoleh dari kegiatan di Ekstra-kurikuler ini disebut Soft Skill. Mengejar kecerdasan akademik semata hanya akan menjerumuskan diri sendiri secara nyata. Kejarlah Kecerdasan Spiritual, Agamis, maka kecerdasan lain akan mengikuti dan kesuksesan ada didepan mata (Kecerdasan Spiritual Pendidikan AL-Fath dengan melaksanakan Life with Allah; Every Time Dzikrullah, Every Day after Shalat Dzikrullah 165, Every Night Tawasulan Aurod Dzikir (TAD), Every Weeks ahad day Tawasulan Aurod Dzikir (TAD), Every Months Khotaman and Manakiban.

Life with Quran ; One Month One Day Khotmil Qur’an, One Weeks One Day Friday Khotmil Qur’an Together, One Day One Juz Reading Qur’an, One Day One Page Remember Qur’an, One Day One Ayat Translate Qur’an. Dan 7 Habits Islamic Caracter Building ; Shalat, Shaum, Shodaqoh, Sholawat, Tafakkur, Tadarus, Dzikir : 4S2T1D).(*)

Sumber :

Riset Penelitian Prof. Agus Budiono tentang Pendidikan yang Mematahkan Mitos NEM, IPK dan Ranking.

Sinergitas Pendidikan Al-Fath yang Berorientasi Dunia Akhirat Hasil Rancangan Program Maha Karya KH. Prof. DR. Muhamad Fajar Laksana, SE., CQM., MM., PH.D sebagai Pimpinan Pesantren Dzikir Al-Fath Sukabumi.

Tentang zoel snage

Baca Juga

Memakan Hidangan Allah Di Bulan Ramadan

Spread the loveOleh: M. Fajar Laksana Pimpinan Ponpes Dzikir Alfath Nabi Muhammad SAW bersabda: “Betapa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *