Jokowi Lantik Ketua MA Syarifuddin

oleh -175 views

Buitenzorg – Presiden Joko Widodo resmi melantik Muhammad Syarifuddin sebagai Ketua Mahkamah Agung periode 2020-2025 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (30/4). Syarifuddin menggantikan Ketua MA sebelumnya, Hatta Ali yang memasuki masa purna bakti pada 1 Mei 2020.

Prosesi pelantikan Syarifuddin diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 41/P tahun 2020 tentang Pemberhentian dengan Hormat Wakil Ketua MA Bidang Yudisial dan Pengangkatan Ketua MA tertanggal 21 April 2020. Syarifuddin kemudian diminta melakukan pengambilan sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Ketua Mahkamah Agung dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut UUD 1945, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,

” kata Syarifuddin. Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara secara simbolis. Setelahnya, para tamu undangan yang hadir memberikan ucapan selamat kepada Syarifuddin. Pemberian ucapan selamat tak dilakukan dengan berjabat tangan, melainkan dengan menangkupkan kedua tangan di depan dada dan menjaga jarak. Selain itu, para tamu undangan yang hadir juga diwajibkan menggunakan masker dan menjaga jarak berdiri saat prosesi pelantikan berlangsung.

Tamu undangan yang datang dalam proses pelantikan Syarfuddin sebagai Ketua MA tak sebanyak biasanya. Beberapa tamu undangan yang tampak hadir, yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Syarifuddin terpilih sebagai Ketua MA setelah meraih suara terbanyak dalam Sidang Paripurna Khusus Pemilihan Ketua MA periode 2020-2025.(*)