Ultah ke-59, Ini Fakta Unik Tentang Presiden Jokowi

oleh -64 views

Bianglala.info – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada 21 Juni 2020 ini merayakan ulang tahun ke-59. Dengan sosoknya yang sangat familiar di tengah masyarakat Indonesia, tentu ada beberapa fakta-fakta unik yang belum diketahui orang banyak.

Seperti yang berhasil dikumpulkan Tagar dari berbagai sumber, ada beberapa fakta menarik dari sosok pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961 ini yang belum diketahui banyak orang, sebagai berikut:

1. Presiden Jokowi bukan berasal dari elite politik atau militer Indonesia

JokowiJokowi saat masih berbisnis industri mebel (foto: Faceebook).

Pria yang akrab disapa Jokowi ini menjadi satu-satunya Presiden Indonesia yang bukan berlatar belakang dari elite politik ataupun anggota militer Indonesia.

Presiden ke-7 RI justru berasal dari keluarga biasa-biasa saja, yang sukses mengawali kiprah sebagai pengusaha mebel. Namun, berkat keuletannya menyelesaikan pendidikan sarjana di Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada, dan seiring berjalannya waktu, Jokowi mampu mengemban tugas sebagai Wali Kota Solo selama dua periode.

Kemudian, namanya kian moncer di dunia politik Tanah Air dengan keberhasilannya terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta masa jabatan 2012-2014.

Garis tangan keberuntungan membawa Joko Widodo menduduki jabatan tertinggi di negeri ini usai terpilih menjadi presiden yang menjabat dua periode, dengan mengalahkan rival sekaligus sahabatnya yakni, Prabowo Subianto.

2. Presiden mempopulerkan budaya blusukan

Presiden Joko WidodoPresiden Joko Widodo melakukan blusukan ke Pasar Ngemplak Tulungagung. (Foto: Dok. Setpres)

Sosok Jokowi di mata masyarakat sangat berbeda dengan Presiden RI terdahulu. Apalagi saat suami Iriana itu mencalon diri sebagai Presiden tahun 2014 lalu, ia dengan sederhananya menyapa masyarakat langsung ke lapangan.

Ia mempopulerkan budaya blusukan sehingga banyak masyarakat merasa diayomi pemerintah. Tak heran jika ia dapat mengalahkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di Pilpres 2014 lalu.

Sebagai orang nomor satu di Indonesia, budaya blusukan yang dipopulerkan Jokowi pun mulai diikuti oleh beberapa tokoh politik Tanah Air untuk menyerap aspirasi dari akar rumput.

3. Suka musik heavy metal

Jok WidodoPresiden Joko Widodo sangat dikenal pencintan musik heavy metal Lamb of Gos. (Foto: Instagram/drandallblythe)

Pribadi Jokowi selama menjabat sebagai Gubernur DKI dan Presiden RI dikenal sangat kalem dan suka berkelakar. Tak banyak yang tahu jika ayah Kaesang Pangarep ini rupanya menyukai musik beraliran keras heavy metal.

Kakek Jan Ethes itu sempat tepergok memakai kaos bertuliskan band kesayangannya ‘Lamb of God’. Kesukaannya pada genre musik heavy metal sudah muncul tatkala ia masih duduk di bangku SMA.

Suatu waktu ia pernah bermimpi menyaksikan konser Lamb of God. Hingga pada akhirnya mimpi itu terbeli puluhan tahun setelahnya.

Meski demikian, ia tetap lebih memilih menghindari kerusuhan apapun di dalam musik. Baginya, hidup yang menyenangkan adalah bisa tertawa riang bersama teman-teman di dalam konser, sekaligus mengoleksi kaset musik metal yang disukainya.

4. Jokowi tak pakai jam tangan

Joko WidodoJoko Widodo tampil tanpa mengenakan jam tangan atau arloji. (Foto: Instagram/jokowi)

Selain dikenal kalem, banyak orang terdekat Jokowi yang menyebut sosok pria berdarah Jawa ini amat sederhana, dan sifatnya itu mampu dijadikan panutan oleh banyak orang.

Saking sederhananya, terlihat dalam beberapa potret saat dirinya bepergian ataupun berpidato tidak pernah mengenakan jam tangan atau arloji.

Apalagi soal gaya berpakaian, ia terlihat tidak perfeksionis dan tampil rapih apa adanya. Saat kunjungan ke daerah-daerah pun pria 59 tahun ini hanya mengenakan busana andalannya yakni, kemeja putih polos yang dipadupadankan dengan celana bahan hitam serta sepatu skets hitam putih.

Sementara, setelan jas dipakai saat ia menjalankan tugas formal kenegaraan seperti menerima tamu dari luar negeri.

5. Cincin pernikahan Jokowi

Joko WidodoCincin pernikahan Joko Widodo dengan Iriana seharga 24 ribu rupiah tahun 1986. (Foto: Instagram/jokowi)

Jauh sebelum dikenal dunia, Jokowi telah menikahi seorang gadis desa bernama Iriana. Ibu tiga anak tersebut dipersunting putra kebanggaan Solo itu pada 24 Desember 1986.

Mungkin tidak banyak yang tahu soal kisah cincin pernikahan sejoli ini. Sebab, cincin pernikahan mereka tahun 1986 silam hanya dibanderol seharga 24 ribu rupiah.

Mendengar hal tersebut serasa tidak masuk akal jika seorang pemimpin negara membeli tanda cinta kepada ibu negara dengan harga yang sangat murah. Namun, itulah faktanya.

6. Pernah mendaki Gunung Kerinci

JokowiJokowi nomor 7 saat ekpedisi Gunung Kerinci, Jambi. (foto: istimewa).

Di masa mudanya, lebih tepat saat duduk di bangku kuliah Jokowi mengaku pernah bergabung dengan mahasiswa Pencinta Alam atau Mapala Silvagama Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta, dengan mendaki Gunung Kerinci di Jambi.

Kisah itu kemudian tertulis dalam buku ‘Jokowi Travelling Story: Kerinci 1983’. Buku tersebut diluncurkan di Pulau Dua Resto, Jakarta, pada Senin, 8 April 2019.

Dalam buku yang ditulis Rifqi Hasibuan itu diceritakan soal alur pendakian Jokowi bersama teman-temannya menuju puncak Gunung Kerinci.

Pendakian ke Gunung Kerinci yang berada di Provinsi Jambi itu dilakukan Jokowi bersama Tim Ekspedisi Kerinci 1983 dan dimulai pada Kamis, 17 Februari 1983, pukul 07.30 WIB. [sn]