DESA SAUNG NAGA (Saung Nage)

oleh -183 views

DESA SAUNG NAGA (Saung Nage)
Terletak di kecamatan Baturaja Barat, Kab OKU. Sum-sel

SAUNG NAGA
Merupakan Sebuah desa yg Terkenal dengan keramah tamahan Penduduknya yg Erat dengan budaya gotong-royong. Dan kekompakan yg terbina sejak dulu didesa ini.dan ke unikan nya Sajadah dan Beduk dari kota suci Makkah.

SAUNG NAGE
Dalam Vocab Bahasa Ogan; saung Berarti Goa yg terdapat Dibawah permukaan Air, Jika Goa tersebut terdapat didarat maka disebut Gue’ Atau Cuhuman.

Mitologi;
Dinamakan Desa Saung Naga Diawali dari Ditemukan nya Sebuang Saung (subuah Gua Didalam Sungai) yg Diyakini Oleh Warga Desa ini sebagai tempat bersemayamnya seekor Naga Yg Akak keluar dari Sarangnya melaui saung ini, Saung tersebut Maseh dapat dilihat hingga sekarang Tedapat di Tepian Sungai Ogan Di bawah Mesjid >>>>>> Desa Saung Naga
Dari Penelitian Panjang Goa Ini Mencapai 48km yg Dimulai Dari Desa Saung naga, kecamatan Barturaja Barat sampai Ke Desa Saung Naga ilir, (saung nage bunglai) Kecamatan Sinar Peninjauan

Cerita Masyarakat Saung Naga
Dikisahkan Bahwa Dulu Sbelum Desa ini Memiliki Nama Di Depan Saung yg Ada di Sungai Ogan tersebut Setiap Kali Banjir Akan Terbentuk Sebuah Pusaran Air yg Bisa Menarik Apapun kedalamnya (masih bisa dijumpai saat ini) Pusaran Air Ini Mampu Menarik Apapu yg Melauinya Mulai Dari Benda kecil yg hanyut terbawa Air Sampai Sebuah Perahu, dan Bahkan Dapat menrik Rumpun Bambu yg masuk Kedalam pusaran air tersebut Dan Apapu yg Masuk ke dalam nya Tidak pernah keluar lagi,

Setiap kali Debit Air Disungai Ogan Mengalami Pasang Cukup tinggi Biasanya Akan Memakan Korban(tumbal) Setiap Tahun nya, Tentu saja Hal ini Membuat Warga Menjadi Resah Dan Takut Untuk Beraktifitas Di sungai seperti, mandi, mencuci, mencari ikan Dsb, serta mereka Melarang Anak-Anak mereka Untuk bermain Di sekitar Sungai.
Sampai Pada Akhir nya Ada Orang Pintar Yg Mencoba Menguak Misteri Tersebut, Ia Mencoba Mencari tahu “Apa yg Mnebabkan Hal Ini” Dan “Siapa” penghuni Saung yg Ada Di Desa Mereka.

Hingga Suatu Hari Ada Seorang Anak Yg Terseret Oleh Pusaran Air Tersebut, Dan Orang Pintar Tersebut Mencoba menyelamatkan nya Dengan Segenap Kemampuan nya. Sampai Akhirnya Ia “Berhadapan Langsung Dengan “Penghuni Saung” Yg Ternyata Berwujud Seekor Ular Raksasa Dengan Mata Merah Menyala Dan Sepasang Tanduk yg Diyakini Oleh Warga Sekitar sebagai Jelmaan Dari NAGA.

Dalam Diolag Singkat yg Terjadi Sang Naga Ber-ucap “ Aku Nage Penunggu Saung ini, Setiap Tahun Aku Nak Balek Ke Ulu Melalui Jalan Ini, Mun pengen Dusun ini Aman Aku mintak Sungai ini “JANGAN DIKOTORI” Dan Aku mintak di tegak-kan Masjid Sebagai Tande “SAUNG NAGE” tempat ku lewat.
Anak yg tadi Tertarik kepusaran Air itupun Dilepaskan Dengan Selamat.
Dari Mitologi inilah Desa ini dinamakan SAUNG NAGA(Saung nage)

Bagi Warga Saung Naga, Sungai Ogan Adalah “Sumber kehidupan” yg Harus Dilindungi, mereka Tidak Pernah Mengotori Apalagi Sampai Merusak Kealamian Sungai Ogan, Suatu Contoh yg Harus ditiru sayang nya Upaya “Bersahabat dengan Sungai” Saat ini Sudah tidak Lagi menjadi Kewajiban

Saat Sungai Mulai Kotor Oleh Pebuatan “Kita” yg Kurang Bertanggung jawab Bukan Mustahil “Sungai yg kita rusak Akan Membalas Perbuatan Kita”….!!

Gambar mungkin berisi: langit, tanaman, pohon, luar ruangan, alam dan air