Vaksin Merah Putih Buatan Indonesia Mulai Diproduksi Pertengahan 2021

oleh -69 views

Buitenzorg –  Vaksin Corona buatan Indonesia yang diberi nama vaksin merah putih, bisa mulai diproduksi pada pertengahan 2021.

Hal itu disampaikan langsung Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan kepada para gubernur secara virtual di Istana Bogor, Selasa (1/9/2020).

“Pada saat yang bersamaan, kita juga mengembangkan vaksin strain Indonesia yang kita namakan vaksin merah putih,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan vaksin merah putih sedang disiapkan oleh konsorsium. Konsorsium itu terdiri dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman serta sederet perguruan tinggi dan lembaga penelitian.

“Saat ini vaksin merah putih dalam tahap pembuatan benih vaksin dan prosesnya sudah sekitar 30-40%. Uji klinis awal tahun depan,” ucapnya. “Insyaallah siap produksi pertengahan 2021,” sambung Jokowi.

Selama vaksinasi bisa dilakukan secara masif, Jokowi meminta kepala daerah mengambil kebijakan strategis terkait kesehatan dan ekonomi. Dia kembali mengingatkan soal ‘gas dan rem’.

“Saya minta para gubernur memainkan gas dan rem secara seimbang dengan takaran-takaran sesuai dengan data yang dimiliki,” ungkapnya. (sn)